KPU dan Bawaslu Mesuji Sempat Cekcok Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih.

RibakNews.Com (Mesuji) –Usai perdebatan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih (Tarlih) Sementara (DPS) Bawaslu Kabupaten Mesuji, dengan Komisi Pemilihan Umum (KPUD), suasana di ruangan menjadi tegang, serta tidak bisa dihindari di Hotel Azam Desa Brabasan Kec. Tanjung Raya, Rabu 5 April 2023.

Beberapa kali Pengawas Pemilu memberikan saran serta masukan untuk KPUD saat interaksi rapat dimulai dengan tujuan untuk singkronkan yang efektif ke depannya, agar Pemilu 2024 di Kabupaten Mesuji menjadi lebih baik dalam pensingkronan mata pilih. Dan kesempatan itu disampaikan Ketua Serta Anggota Bawaslu Kabupaten Mesuji.

Menurut Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto, berkaitan Daftar Pemilih, tahapan yang paling krusial untuk kita sadari dari semua pihak.

Bukan penyelenggara pemilu saja tapi, seluruh elemen masyarakat yang paling utama teman-teman Partai Politik, mari kita bersama-sama menyempurnakan Daftar Pemilih ajak Ketua Bawaslu.

Ketua KPUD Ali Yasir terimakasih atas beberapa hal masukan Lembaga Bawaslu, karena ini masih panjang tahapan penyempurnaan Daftar Pemilih (Tarlih), sampai dengan hari pemungutan suara, ucap Yasir

Senada Majeha, dan ini baru DPS tuturnya, masih panjang untuk perbaikan dan atas kejelian serta masukan Bawaslu, kami sangat mengapresiasi karena, tujuan kita sama, tutup Anggota KPUD Mesuji.

Sontak giliran Anggota KPU Mesuji Imani, juga mengucapkan terimakasih bahkan, iya mengapresiasi jajaran Bawaslu Mesuji di Kecamatan Mesuji Timur dalam hal ini Panwaslu Kecamatan, yang menurut dia sangat proaktif dalam melakukan pengawasan bila ada kesalahan PPK langsung dikonfirmasi, katanya.

Anggota Bawaslu Mesuji Emron Tolib pun menhaturkan masukan kembali, agar jajaran KPUD untuk lebih cermat lagi dalam melakukan perekapan data, agar tidak ada kesalahfahaman, ujar Emron

Respon cepat Bambang Wahyudi atas nama Bawaslu Kabupaten Mesuji menemukan 48 (Empat Puluh Delapan) Desa di 6 Kecamatan yang melakukan Rapat Pleno PPK dan data tersebut tidak sinkron dengan data di PPS, pungkas Anggota Bawaslu Mesuji.

Diketahui Acara Pleno dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji Apri Susanto, SPd, SH dan Anggota Emron Tolib, ST, SH dan Bambang Wahyudi, SPdI, SH dan Pelaksana Teknis Bawaslu Mesuji. Seluruh hadirin dari PPK Se-Kabupaten Mesuji, Partai Politik, Kejaksaan, Kesbangpol, dan Disdukcapil dan Danramil

Dan ahirnya Bawaslu Kabupaten Mesuji pada kesempatan itu memberikan Rekomendasi kepada KPU Kabupaten Mesuji agar melakukan perbaiki.

Dan melakukan perbaikan dengan merapikan Administrasi di tingkat PPS dan PPK sesuai dengan PKPU 7 tahun 2023, tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2022, tentang Penyusunan Daftar Pemilihan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih.

(Hadi Julianto).